4 Cara Mempersiapkan Ujian yang Wajib Kamu Praktikkan

Ilustrasi orang mempersiapkan ujian (Unsplash/Green Chameleon).

Cara mempersiapkan ujian yang baik merupakan hal yang wajib kamu perhatikan. Dalam dunia pendidikan, tentu kita sebagai siswa akan mendapatkan ujian pada pertengahan atau akhir semester. Untuk mempersiapkan ujian, ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lupakan dalam selama persiapan.

Cara mempersiapkan ujian ini bisa buat nilaimu meningkat

Poin-poin di bawah ini harus kamu lakukan dengan senang hati, ya, agar hasilnya dapat terlihat ketika kamu mengerjakan ujian. Berikut cara mempersiapkan ujian yang harus kamu lakukan.

Membaca Ulang Materi

Guru di sekolah pasti menjelaskan dan sesekali memberikan materi berupa dokumen atau sebagainya. Kamu bisa membaca materi itu ketika perasaan kamu sedang senang. Biasanya jika perasaan senang, materi akan lebih mudah masuk ke dalam otak dan kamu juga lebih mudah memahami.

Jika mood kamu kurang enak, kamu bisa melakukan hal yang kamu sukai terlebih dahulu beberapa menit atau mungkin beberapa jam sebelum belajar. Jangan memaksakan materi pelajaran kamu masuk ke pikiran yang sedang tidak baik-baik saja, karena yang ada kamu akan stress sendiri.

Baca juga: 3 Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi, Wajib Kamu Terapkan

Membuat Ringkasan Materi

Setelah kamu melakukan poin pertama, kamu bisa mulai membuat ringkasan dari materi tadi. Mengapa kamu perlu membaca ulang materi terlebih dahulu? Karena jika kita sudah membaca materi tersebut, kita akan lebih paham mana bagian yang penting dan mana bagian yang membutuhkan penalaran.

Ketika membuat ringkasan, usahakan buat catatanmu senyaman mungkin. Nyaman di sini berarti kamu bisa membaca catatanmu tanpa merasa terganggu. Perlu kamu ketahui bahwa kenyamanan setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang menyukai catatan dengan satu tinta warna, tetapi ada juga orang yang menyukai catatan mereka jika terdiri dari banyak tinta warna. Kamu sendiri tipe yang mana?

Menuliskan Target Nilai Setiap Mata Pelajaran dan Menyertakan Reward

Pernah nggak sih kamu menuliskan target pada buku atau diri kamu? Ketika kamu menuliskan target-target nilai di buku kamu, kamu akan lebih ingat bahwa kamu memiliki tujuan.

Target ini harus kamu buat realistis dan sesuai kemampuan. Jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah. Lalu berilah catatan reward apa yang akan kamu dapat jika kamu berhasil mendapat nilai itu. Metode goals and reward seperti ini akan lebih memotivasimu dalam meraih nilai yang lebih tinggi.

Baca juga: 4 Tips Membuat Cerita yang Menarik, Wajib Diterapkan

Berdoa dan Percaya Diri

Ketika mengalami kesulitan dan sudah berusaha semaksimal mungkin, tetapi kamu masih merasa kurang, kamu bisa berdoa dan mengatakan keluh kesahmu pada Tuhan. Kamu akan menjadi lebih tenang dan percaya diri karena sebenarnya itulah kunci yang harus kamu pertahankan. Jika kamu tidak tenang, materi yang sudah kamu pelajari akan hilang dan kamu akan kebingungan dalam mengerjakan soal.

Nah tadi itu 4 cara mempersiapkan ujian yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi tes-tes apa pun. Tetaplah semangat dan berusaha semaksimal kamu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post