5 Hewan Purba Berbahaya Yang Pernah Ada Di Bumi, Bentuknya Mengerikan!

Ilustrasi Hewan Purba (Unsplash/Stephen Leonardi).

Hewan purba berbahaya dengan bentuk mengerikan ternyata ada yang pernah hidup di dunia, loh. Kamu tentu tidak dapat membayangkan jika hewan- hewan tersebut masih tampil pada zaman ini.

Selain memiliki penampilan yang mengerikan, hewan-hewan ini tentu juga sangat berbahaya dan memiliki ukuran yang tidak biasa.

5 Hewan Purba Berbahaya Dengan Bentuk Mengerikan

Sebelum berevolusi hingga menjadi seperti sekarang, dulunya Bumi dihuni berbagai hewan-hewan purba. Kondisi Bumi dan lingkungannya saat itu akan mempengaruhi bentuk dan karakteristik dari hewan-hewan yang ada. Berikut ini 5 hewan purba mengerikan yang pernah hidup.

Dunkleotus

Dunkleotus 

Hewan purba berbahaya bernama Dunkleotus inj hidup sekitar 360 juta tahun yang lalu pada periode Devonian. Panjang hewan ini dapat mencapai 5-9 meter dengan bobot  6-9 ton. Rahang yang kuat dan pelat rahang yang keras serta tebal membuat  Dunkleotus menjadi pemangsa yang ganas.

Baca juga: 5 Olahan Unik dari Cokelat Khas Berbagai Negara

Quinkana

Quinkana

Reptil yang hidup di era Pleiosten ini jauh lebih mengerikan daripada buaya masa sekarang. Selain memiliki tubuh yang besar, Quinkana  memiliki gigi yang tajam dan kaki yang panjang. Quinkana juga dapat bergerak dalam kecepatan tinggi sehingga ia menjadi predator yang sangat berbahaya.

Megalania

Megalania

Megalania merupakan salah satu hewan purba berbahaya yang pernah ada. Hewan ini memiliki panjang tubuh sekitar 3,5 meter, tetapi ada juga Megalania yang panjangnya 7 meter. Selain memiliki tubuh yang panjang, Megalania memiliki gigitan beracun yang berbahaya. Ia dapat memangsa makhluk berukuran besar seperti Diprotodon. Hewan purba yang satu ini diperkirakan hidup sekitar 2 juta tahun-40 ribu tahun yang lalu.

Titanoboa

Titanoboa

Titanoboa merupakan ular raksasa dengan ukuran terbesar yang pernah ada. Berat tubuh ular ini ketika dewasa dapat mencapai lebih dari satu ton. Masa hidup hewan ini kira-kira sekitar 58 – 60 juta tahun yang lalu (pertengahan hingga akhir zaman Paleosen). Titanoboa tidak memiliki taring maupun bisa. Ia menggunakan tubuhnya yang besar  untuk meremukkan dan membunuh mangsanya. Konon katanya bahwa ular ini juga memangsa buaya sebagai makanannya.

Mosasaurus

Mosasaurus

Meski tidak semua Mosasaurus berukuran raksasa,  Ada Mosasaurus yang memIliki ukuran hingga sekitar 15 meter. Kepala dari Mosasaurus terlihat mirip seperti buaya. Selain itu, Mosasaurus juga memiliki sirip. Kengerian Mosasaurus semakin terlihat jika kita memperhatikan jumlah gigi yang dimilikinya. Mosasaurus memiliki gigi kecil dan tajam berjumlah ratusan. Hewan yang satu ini juga merupakan pemakan segala. Ia dapat memakan hiu, burung laut, bahkan Mosasaurus lainnya. Mosasaurus hidup sekitar 82 hingga 66 juta tahun yang lalu.

Baca juga: 6 Tips Mencari Penghasilan Bagi Pelajar Selama Pandemi

Itulah 5 hewan purba berbahaya dengan karakteristik yang mungkin membuatmu tidak percaya. Hewan-hewan tersebut tentu bagaikan monster paling mengerikan yang pernah ada di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post