4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Isolasi Mandiri, Ternyata Penting Banget

Ilustrasi peralatan selama pandemi Covid-19 (Unsplash/Volodymyr Hryshchenko).

Hal yang harus dilakukan saat isolasi mandiri sangat penting untuk kamu perhatikan. Banyak orang menjadi cemas dan tidak tahu harus melakukan apa ketika sedang isolasi mandiri. Selain harus menjaga jarak dengan orang lain, tentu kamu juga harus menggunakan masker setiap keluar dari ruangan isolasi.

Isolasi mandiri dilakukan selama 10 hari bagi pasien yang tidak mengalami gejala. Ingat ya untuk 10 hari itu dihitung sejak pengambilan hasil tes covid-19 kamu dilakukan. Setelah 10 hari, kamu bisa melakukan tes kembali untuk memastikan hasilnya.

Namun untuk pasien yang mengalami gejala, mereka harus melakukan isolasi mandiri selama 10 hari sejak munculnya gejala, kemudian lanjut 3 hari lagi sebagai masa di mana pasien bebas dari gejala demam dan gangguan pernapasan. Informasi ini sesuai dengan panduan isolasi mandiri Kemenkes dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus COVID-19 Varian Omicron yang telah terbit pada tanggal 17 Januari 2022 lalu.

4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Isolasi Mandiri dan Perlu Kamu Perhatikan

Hal-hal di bawah ini merupakan kegiatan yang harus kamu lakukan secara rutin supaya kamu dapat sembuh dengan cepat. Berikut 4 hal yang bisa kamu lakukan ketika isolasi mandiri.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi yang Wajib Kamu Terapkan

Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Untuk kamu yang sedang isolasi mandiri, berjemur itu merupakan hal yang wajib kamu lakukan 3 kali dalam satu minggu. Ketika berjemur, sebaiknya kalian berjemur sekitar pukul 9-10 pagi karena bisa meningkatkan kadar vitamin D pada tubuh. Berjemur juga memiliki aturan waktunya tersendiri, yakni selama 15-30 menit.

Rutin Meminum Obat yang Diberikan

Ketika terdeteksi positif Covid, kita akan mendapatkan obat dari pemerintah ataupun dokter yang mengonsultasikan kita. Obat yang diberikan pasti sudah dituliskan aturannya, masing-masing misalnya 2 kali sehari setelah makan dan sebagainya. Jika kamu rutin meminum obat, tubuh kamu juga tentu akan semakin membaik.

Melakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Saat kamu terdeteksi positif Covid, pertama-tama kamu tidak boleh panik. Ketika panik, imunitas dalam tubuh kamu pasti akan menurun dan hal itu dapat menghambat proses penyembuhanmu. Ketika isolasi mandiri, kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai, seperti menonton film, membaca buku, dan lain-lain. Usahakan kamu melakukan hal yang santai sekaligus menyenangkan agar imunitas kamu tetap stabil.

Istirahat dan Makan yang Cukup

Istirahat dan makan adalah hal yang harus dilakukan saat isolasi mandiri. Untuk sebagian orang yang terkena Covid-19, mereka mungkin akan kehilangan nafsu makan sehingga makanan hanya terasa hambar. Namun, perlu kamu tahu bahwa makan itu tetap perlu untuk asupan tubuhmu. Jika memang belum nafsu makan, kamu bisa makan sedikit-sedikit namun sering sehingga kamu tetap memiliki energi.

Baca juga: 3 Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi, Wajib Kamu Terapkan

Waktu istirahat juga perlu kamu perhatikan, ya. Ketika kamu banyak beristirahat, kamu bisa mempercepat penyembuhan tubuhmu. Jangan tidur larut malam dan jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas berat. Lakukanlah aktivitas-aktivitas berat itu setelah kamu sembuh dari Covid, ya!

Nah itulah 4 hal yang harus dilakukan saat isolasi mandiri. Semangat selalu dan cepat sembuh yaa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post