3 Penyebab Kenakalan Remaja, Bisa Jadi Karena Kurang Perhatian

Ilustrasi para remaja yang berkumpul (Pixabay/Dimhou).

Penyebab kenakalan remaja seringkali menjadi sumber terjadinya kekacauan sosial. Di Indonesia, banyak pemuda yang mengalami perubahan mental di masa pandemi yang menjerumuskan mereka pada fenomena kenakalan remaja. Mereka seringkali hanya menginginkan kesenangan di masa muda dan tidak memikirkan risiko dari perbuatannya. Alhasil, semakin banyak remaja yang terjerumus pada kenakalan remaja, terutama bagi mereka yang mempunyai tingkat kesadaran yang rendah.

Karena itu, pastinya kita mempunyai keingintahuan yang tinggi mengenai penyebab kenakalan remaja di Indonesia. Kira-kira hal-hal apa, sih, yang menyebabkan maraknya kenakalan remaja?

Penyebab Kenakalan Remaja yang Harus Kamu Ketahui

Mengetahui penyebab kenakalan remaja dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai lingkungan sekitar. Mari kita menyimaknya bersama-sama.

Baca juga: 3 Olahraga Tradisional Indonesia, Ada yang Unik dan Ekstrem

Kurangnya kesadaran para remaja

Di zaman yang tengah berkembang pesat, banyak remaja yang ikut terpengaruh dengan budaya-budaya luar negeri yang sebenarnya sangat tidak sesuai dengan kearifan lokal Indonesia.

Banyak remaja yang hanya mengandalkan tren. Mereka ikut terjerumus dalam pergaulan yang salah, tetapi tidak menyadari bahwa perbuatan maupun perilaku mereka sudah sangat menyimpang dan akan membahayakan diri sendiri, keluarga, teman pergaulan, maupun lingkungan sekitarnya.

Menurunnya pendidikan karakter di kalangan remaja

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak remaja yang kurang menerima memiliki pendidikan yang berkarakter. Kebanyakan orang lebih mementingkan diri sendiri dan kesenangan mereka, yang tentunya tidak akan membawakan pengaruh yang positif.

Salah satu contohnya adalah fenomena remaja sekarang yang menjadikan handphone sebagai prioritas utama. Hal ini membuat mereka cenderung mengabaikan kejadian di sekitarnya. Padahal yang seharusnya menjadi prioritas bagi para remaja adalah pendidikan, karena hanya dengan pendidikan kita dapat mencapai kesuksesan serta membahagiakan kedua orangtua.

Kurangnya pengawasan orang tua

Kurangnya pengawasan orang tua pada anak-anaknya juga dapat mengakibatkan anak merasa bebas bergaul di lingkungan yang berangkali berdampak negatif baginya. Seharusnya, orang tua bisa memberikan nasihat dan pengarahan yang benar kepada anaknya supaya mereka dapat terjauh dari pengaruh negatif ketika bergaul dalam lingkungan masyarakat.

Orang tua dapat mengarahkan anak-anak ke kegiatan yang lebih positif, seperti kegiatan akademik, pengembangan bakat, dan lain-lain supaya anak tersebut memiliki nilai unggul saat terjun ke dunia kerja nantinya.

Baca juga: 4 Cara Mempersiapkan Ujian yang Wajib Kamu Praktikkan

Nah, itu tadi adalah beberapa penyebab kenakalan remaja di Indonesia dengan masing-masing penjelasannya. Semoga kita semua terjauh dari pergaulan bebas dan bisa meningkatkan kesadaran mengenai kewajiban kita sebagai remaja. Salah satu kewajiban kita salah satunya yaitu belajar yang rajin untuk menjadi pribadi yang bisa berkontribusi dalam masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post