5 Cara Memperbaiki Pola Tidur, Terutama Saat Liburan Panjang

Ilustrasi orang sedang tidur (Unsplash/Zohre Nemati).

Cara memperbaiki pola tidur menjadi hal yang harus kamu perhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Penting untuk kamu ketahui bahwa jam tidur malam sangat berpengaruh pada aktivitasmu sehari-hari.

Jika jam tidur terlalu kurang ataupun berlebihan, hal itu akan memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh. Beberapa penyakit akan datang sendirinya, seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, bahkan penyakit jantung.

Cara memperbaiki pola tidur paling ampuh dan manjur

Saat liburan panjang, banyak orang yang menjadi lebih sering begadang atau malah terlalu banyak tidur. Maka dari itu, kita harus menjaga jam tidur. Berikut ini adalah 5 cara memperbaiki pola tidur yang bisa kamu lakukan setelah liburan panjang.

Baca juga: 4 Tips Menjaga Berat Badan, Ternyata Mudah Banget!

Buatlah Jadwal Tidur

Normalnya jam tidur seseorang adalah 7-8 jam. Namun, beberapa orang sulit memenuhi itu karena adanya kesibukan lebih. Jika kamu termasuk dalam beberapa orang itu, cobalah untuk membuat jadwal tidur. Atur jam tidur dan bangun setiap harinya, misalnya bangun pukul 4 dini hari berarti tidur sebelum jam 8 malam. Terapkan kebiasaan tersebut sampai terbiasa dan jam tidur kembali teratur.

Kamu juga bisa menggunakan alat bantu seperti alarm untuk mengingatkan. Jika kamu ingin mengubah jam tidur menjadi lebih baik, maka pastikan kamu konsisten terhadap jadwal yang sudah kamu buat. Paksakan dirimu untuk disiplin terhadap jadwal yang sudah dibuat, hindari memencet snooze pada alarm untuk menunda. Menurut penelitian, seseorang membutuhkan minimal 21 hari untuk membangun hal baik menjadi kebiasaan. Jadi kamu bisa membuat target untuk menumbuhkan kebiasaan tersebut selama minimal 21 hari, ya.

Perhatikan Makanan dan Minuman Sebelum Tidur

Selain membuat jadwal tidur dan konsisten dalam menjalaninya, kamu juga harus memperhatikan beberapa makanan yang kamu konsumsi sebelum tidur. Ada beberapa makanan mengandung bahan stimulan yang membuat kita menjadi tidak bisa tidur. Misalnya kopi, teh, serta minuman bersoda yang mengandung kafein dan membuat kita ingin terus buang air kecil. Ada juga alkohol yang mengganggu proses tubuh untuk tidur nyenyak, dan makanan asam atau pedas yang membuat perut kita sakit.

Alih-alih mengonsumsi makanan dan minuman seperti itu, kamu bisa menggunakan air putih atau buah-buahan untuk menghambat rasa lapar dan haus di malam hari.

Buatlah Lingkungan Ruang Tidur yang Nyaman

Remake up ruang tidur merupakan cara memperbaiki pola tidur yang sangat manjur, karena terkadang kita menunda waktu tidur karena malas memasuki kamar yang tidak nyaman. Mulailah dari yang paling sederhana, seperti mengurangi kebisingan suara dari dalam ataupun luar ruangan, lalu buatlah suhu ruangan yang pas, dan atur juga pencahayaan di kamar.

Sebenarnya kamar yang gelap membantumu untuk lebih cepat tidur. Namun, untuk beberapa orang yang takut kegelapan, bisa menggunakan lampu tidur cahayanya teduh. Yang terakhir, gunakan bantal dan selimut yang bersih dan pastikan kamu tertidur dengan posisi ternyaman.

Tidur Siang Secukupnya

Pada umumnya, seseorang hanya membutuhkan tidur siang selama 20 menit saja atau kurang dari satu jam. Namun, di saat liburan, tentunya kita tidak bisa menghindari rasa kantuk yang datang di siang hari karena rasa bosan. Sebaiknya, jangan tidur setelah makan karena itu menyebabkan tekanan di dalam lambung meningkat. Terakhir, tidur siang sebaiknya dilakukan pada sore hari, tepatnya pukul 3 sore.

Lakukan Aktivitas yang Membuat Kamu Rileks di Malam Hari

Salah satu penyebab pola tidur kita tidak teratur adalah stres dan terlalu banyak pikiran. Lakukan beberapa aktivitas seperti meditasi atau latihan pernapasan yang membuat pikiran dan tubuh kita menjadi lebih santai dan rileks. Jalani kegiatan tersebut sebelum naik ke tempat tidur.

Baca juga: 5 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat, Wajib Kamu Coba

Nah, itu dia 5 tips memperbaiki pola tidur yang bisa kamu praktikkan. Semoga artikel ini membantu kalian kaum begadang yang ingin memperbaiki jam tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post