3 Makanan Khas Jepang Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Ilustrasi makanan khas Jepang (Pixabay/HirokazuTouwaku).

Makanan khas Jepang yang seringkali ada di pikiran orang mungkin adalah sushi , ramen, udon , atau yakiniku. Padahal, masih ada berbagai macam kuliner lain yang tidak kalah lezat yang jarang dibicarakan orang-orang.

Makanan-makanan tersebut memiliki penampilan yang menggiurkan selera dan tentunya memiliki cita rasa yang nikmat. Kira-kira apa saja, ya?

3 Makanan Khas Jepang yang Enak

Negara-negara di Asia Timur memang terkenal dengan citarasa masakan lokalnya yang khas, tak terkecuali Jepang. Berikut ini 3 makanan khas Jepang yang wajib kamu coba.

Baca juga: 6 Makanan Khas Korea Selatan Terpopuler, Ternyata Enak Banget!

Gambar Chankonabe

Chankonabe

Chankonabe merupakan makanan khas Jepang berupa sup dengan isi daging, tahu,  ikan,  sayur – sayuran, dan kaldu. Untuk memasaknya, kamu perlu merebus dengan menggunakan panci logam besar yang memiliki tutup kayu.  Jika melihat dari bahan-bahannya, kita dapat mengetahui bahwa chankonabe kaya akan protein.

Awalnya chankonabe merupakan hidangan khusus para pesumo. Hal tersebut menjelaskan porsi chankonabe yang terbilang banyak. Karena pembuatan makanan ini bertujuan untuk mempercepat pesumo dalam meningkatkan berat badan.

Gambar Yudofu

Yudofu

Hidangan yang satu ini terbuat dari tahu sebagai bahan utamanya. Eiits! Jangan remehkan hidangan yang satu ini hanya karena bahan utamanya tahu, ya.

Orang-orang biasanya menyantap yudofu saat musim dingin. Ia merupakan sup dengan tahu yang memiliki tekstur lembut dan disertai kuah kaldu ayam. Tak hanya itu, yudofu juga dilapisi saus ponzu  yang dibuat dari bubuk cabai, garam, dan kulit jeruk. Untuk membuat variasi, kamu bisa menambahkan sayuran, jamur, dan sebagainya juga, loh. Tahu yang lembut berpadu dengan segarnya kuah dan lezatnya saus ponzu membuat yudofu wajib masuk ke daftar hidangan yang patut kamu coba.

Gambar Taiyaki

Taiyaki

Taiyaki merupakan makanan khas Jepang berupa waffle berbentuk ikan. Kamu dapat menemukan makanan ini dengan mudah di Jepang. Dalam bahasa Jepang, kata tai memiliki arti ikan dan yaki berarti panggang. Meskipun umumnya taiyaki memggunakan anko (kacang merah)  sebagai isian, tetapi ada pula orang yang mengisinya dengan cokelat, vla, keju, custard, krim matcha, bahkan sosis. Di Korea juga ada hidangan yang mirip dengan taiyaki, yaitu bungeoppang. Pernah mendengarnya?

Baca juga: 5 Olahan Unik dari Cokelat Khas Berbagai Negara

Itulah 3 makanan khas Jepang yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang di luar Jepang. Makanan mana yang paling ingin kamu coba, nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post